Gaya Hidup yang Menyebabkan Kanker - Toko Herbal ABEPenyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Penyakit ini merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker ini dapat menginvasi serta merusak sel-sel normal di sekitarnya sehingga merusak fungsi jaringan tersebut. Penyebaran (metastasis) sel kanker dapat melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening.

Sel penyakit kanker dapat berasal dari semua unsur yang membentuk suatu organ, dalam perjalanan selanjutnya tumbuh dan menggandakan diri sehingga membentuk massa tumor. Kanker dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Banyak sekali jenis kanker yang menyerang manusia, antara lain:


Kanker yang sering muncul pada pria, yaitu: kanker paru, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker hati dan nasopharing.

Kanker yang sering dialami oleh wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kolorektal, kanker ovarium, kanker paru.

Kanker yang sering terjadi pada anak-anak adalah kanker retinoblastoma dan kanker darah (leukimia).

Faktor Risiko

Hingga saat ini telah diketahui beberapa faktor variabel yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa faktor risiko tersebut, antara lain:

  • Kebiasaan merokok atau terkena paparan asap rokok
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Diet rendah serat
  • Berhubungan seksual yang tidak sehat

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2013 menunjukkan adanya peningkatan angka pasien kanker dari tahun 2010 ke 2013. Salah satu penyebabnya adalah makin meningkatnya gaya hidup modern yang tidak sehat. Salah satu gaya hidup modern yang berisiko yaitu banyaknya masyarakat yang kurang mengonsumsi buah dan sayur, dan cenderung mengonsumsi makanan fast food (siap saji). Padahal, makanan siap saji diketahui mengandung banyak karsinogen (penyebab kanker).

Berbagai mitos pun beredar dikalangan masyarakat yang menyebutkan bahwa kanker tidak bisa dicegah dan disembuhkan. Namun, pada kenyataannya kanker dapat dikatakan sebagai penyakit gaya hidup, karena sebagian besar kanker dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari faktor risiko. Lebih dari 40% dari semua kanker dapat dicegah dan beberapa jenis kanker (kanker payudara, kanker kolorektal, kanker leher rahim) dapat disembuhkan jika terdeteksi dini.

Mudah-mudahan artikel kesehatan Toko Herbal ABE ini bermanfaat dan membuat kita semakin mawas diri dan senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan jauhkan diri Anda dari faktor risiko sebab kanker dapat dicegah.

*Artikel ini telah direview dan disetujui oleh dr. Rizky Amelia pada udoctor.co.id

Filed under: Kesehatan Umum