Memperkecil Payudara

mengecilkan payudara - toko herbal abeTidak semua perempuan bangga memiliki payudara besar, sebab ukuran payudara yang terlalu besar dapat memicu ketidaknyamanan. Karena itu diperlukan tindakan memperkecil payudara untuk mendapatkan bentuk yang ideal.

Ada bebeapa indikasi untuk tindakan memperkecil payudara. “Istilahnya reduction, yaitu tindakan bedah plastik untuk mengecilkan payudara, ujar Prof. dr. M. Sjaifuddin Noer, SpBP-RE (K).

Menurut Kepala Departemen SMF Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estitik FK UNAIR ini, payudara yang terlalu besar bisa memunculkan rasa malu, minder dan nyeri karena terlalu berat. Kesulitan lainnya adalah mencari ukuran baju yang sesuai. Belum lagi rasa gatal di kulit.

Sjaifuddin juga mengatakan, indikasi utama payudara perlu dikecilkan jika ukuran tidak asimeteris, yaitu posisi bagian kanan dan kiri tidak sama. Lalu timbul rasa nyeri pada punggung, leher dan bahu. Tindakan operasi dimulai dengan mengiris sekitar areola atau puting payudara.

Tujuannya adalah untuk mengambil bagian tertentu pada payudara. Lalu payudara dinaikkan. Letak puting bisa dipindah. Selama tindakan operasi, pasien dibius total. “Nanti dibuat simetris kiri-kanan,” ujarnya.

Dua minggu paska operasi, pasien bisa beraktifitas. Selain itu, sama dengan operasi pembesaran, tindakan memperkecil payudara tidak akan merusak air susu. Pasien bisa tetap hamil dan menyususi.

Menurut dia, setiap operasi mempunyai risiko. Pasien perlu mendapat penjelasan mengenai risiko pembiusan, penimbunan darah, infeksi, dan perubahan sensasi pada puting atau payudara. “Ini semua bisa diatasi,” ujarnya.

Sehabis operasi, pasien sebaiknya tidak melakukan olahraga selama satu bulan. Namun pemakaian bra tetap boleh dilakukan. Harapannya, perempuan yang menjalani operasi mendapatkan hasil sesuai keinginan dan terhindar dari komplikasi.

Prosedur Memperkecil Payudara

Sjaifuddin mengungkapkan, pada bedah plastik estetik, tindakan mengecilkan payudara sudah jamak dilakukan. Memang jumlah permintaannya tidak sebesar operasi pembesaran payudara. Meski begitu, prosedurnya juga tidak kalah rumit.

Pertama, payudara harus diperiksa, yaitu terkait kelenturan kulit, ukuran, dan bentuknya. Sama seperti operasi memperbesar payudara, tindakan pengecilan juga akan meningkatkan kepercayaan diri kaum perempuan.

Sjaifuddin menambahkan, tindakan bedah plastik belakangan ini semakin diminati. Operasi memperbaiki struktur tubuh ini tidak hanya untuk tujuan estetika, tetapi juga untuk rekonstruksi. Misalnya, perempuan yang mengalami mastektomi atau pengangkatan payudara bisa memiliki payudara lagi. Kondisi ini umumnya menjadi keluhan perempuan yang terkena kanker payudara.

Demikian artikel kesehatan Toko Herbal ABE seputar operasi mengecilkan payudara. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.