Seabuckthorn Sebagai Tanaman Obat

zebakton-toko-herbal-abeSeabuckthorn sebagai tanaman obat sudah dikenal sejak lama, bahkan sejak ekspedisi kavaleri Genghis Khan di Eurasia. Ketika itu tentara Genghis Khan sering memetik sejumlah besar seabuckthorn atau zebakton dan membawanya ke markas militer. Ini disebabkan karena jika mengkonsumsi seabuckthorn, para tentara akan meningkat energinya sehingga siap bertempur. Lalu, tabib-tabib kerajaan Mongolia menggunakan seabuckthorn (zebakton) untuk membuat obat-obatan di Mongolia. Seabuckthorn berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan melawan penyakit dalam perjuangan Genghis Khan selama bertahun-tahun. Menurut catatan, Genghis Khan terus menerus mengkonsumsi seabuckthorn. Maka, pada saat ia berumur 80 tahun, ia masih mampu berkuda dan memanah. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan konsumsi seabuckthorn (zebakton).

Di Yunani kuno, perang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan ekspedisi militer. Pada suatu hari, kuda perang yang lemah dan sakit-sakitan ditinggalkan di sebuah hutan. Saat para tentara kembali untuk melewati hutan tersebut, mereka menemukan bahwa sekelompok kuda tersebut tidaklah mati. Kuda-kuda tersebut tidak hanya pulih, tetapi kembali dengan badan sehat dan kuat bahkan bulunya berkilauan. Oleh karena itu, nama ilmiah seabuckthorn disebut sebagai Hippophae rhamnoides L yang artinya “pohon yang dapat membuat kuda berkilauan‟

Tapi, apakah Seabuckthorn atau zebakton itu?

Seabuckthorn Sebagai Tanaman Obat

Seabuckthorn adalah tanaman yang berasal dari 65 juta tahun yang lalu, pernah hidup bersama banyak tanaman lainnya yang ada di bumi, merupakan tanaman yang awalnya berbentuk buah. Mengikuti perubahan iklim di bumi, terutama perubahan iklim global yang disebabkan oleh pergolakan dari planet lain, mengakibatkan sejumlah besar tanaman dan hewan punah, diantaranya termasuk dinosaurus yang kita semua kenali, tetapi kami manusia belum pernah ada yang melihat mereka. Untungnya, tanaman seabuckthorn dari 65 juta tahun yang lalu masih hidup dan bertahan hingga saat ini, tidak hanya tidak punah, tetapi sub-spesiesnya berkembang hingga lebih dari 60 sub-spesies yang tersebar di seluruh pelosok negeri seperti Asia, Eropa, dan Amerika.

Namun, dari mana Seabuckthorn berasal? Seabuckthorn dari daerah/negara manakah yang merupakan varietas terbaik di dunia? Menurut kami, salah satu tempat awal munculnya Seabuckthorn adalah di Dataran Tinggi Mongolia Dalam, buktinya dapat dilihat dari varietas Seabuckthorn-nya yang berasal dari 65 juta tahun lalu. Seabuckthorn di Mongolia mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang dikarenakan Dataran Tinggi Mongolia Dalam terhubung pada zona transisi yang paling dekat ke benua Eurasia, yang juga merupakan tempat tinggal dinosaurus pada zaman kapur. Seabuckthorn yang tumbuh di tanah ini adalah salah satu varietas yang unggul.

zebakton-sebagai-tanaman-obat

Sejak kelahiran manusia, Seabuckthorn merupakan makanan yang berperan dalam kelangsungan hidup manusia dan hewan. Seabuckthorn memiliki proses kematangan yang lambat, tetapi sampai pada musim dingin akan tetap berkilauan karena memiliki daya vitalitas yang tinggi. Seabuckthorn juga dapat menyerap sebagian besar nutrisi dari alam dan tanah, kemampuan fotosintesisnya juga merupakan yang terbaik diantara tanaman lainnya. Seabuckthorn dari prasejarah menusia sampai ke zaman kuno, dari zaman kuno sampai ke zaman modern ini, semuanya bergantung dari daya vitalitasnya, maka bisa dikatakan juga bahwa Seabuckthorn merupakan keajaiban dari bumi itu sendiri.

Teknologi ilmiah pada zaman modern ini dimanfaatkan untuk melakukan analisa dan uji coba pada karakteristik tumbuhan Seabuckthorn, dan untuk menemukan kelangkaan dari nilai kesehatan mereka. Seabuckthorn tidak hanya bisa merubah struktur tanah pada bumi, tetapi juga dapat mempertahankan eksistensi manusia. Seabuckthorn memiliki lebih dari 200 jenis elemen dan zat aktif yang dapat mengobati dan mencegah penyakit pada manusia, maka dari itu Seabuckthorn mendapat banyak perhatian dari PBB dan pemerintah.

Seiring dengan berkembangnya industri Seabuckthorn, udara yang kita hirup juga akan semakin bersih, cuaca dan iklim global akan membaik, dan bahkan gurun juga mungkin akan kembali hijau yang akan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk hidup. Sama seperti hubungan flora dan fauna, hubungan Seabuckthorn dengan manusia menciptakan sebuah keindahan seperti surga. Pengembangan industri Seabuckthorn ini dilakukan tanpa pengorbanan sedikitpun, bahkan menambah kebaikan untuk kesehatan seumur hidup dan lingkungan yang baik. Bukankah ini hal yang kita kejar-kejar selama ini? Bumi diciptakan untuk manusia, dan sebaliknya manusia juga harus menjaga bumi ini, hal ini juga merupakan salah satu interaksi manusia dengan Seabuckthorn atau Zebakton.

Nantikan artikel tentang jenis penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh zebakton ini di artikel kesehatan Toko Herbal ABE selanjutnya !