Terapi Untuk Ejakulasi Dini

terapi-untuk-ejakulasi-dini-toko-herbal-abeEjakulasi dini tentu akan merusak kehidupan cinta pasangan suami istri karena kepuasan seksual sulit dicapai. Namun dengan latihan pelvis atau Pelvic Floor Muscle, mungkin kondisi tersebut dapat diperbaiki.

Latihan otot ini mungkin lebih kita kenal sebagai “kegel”. Semula kegel adalah suatu latihan dasar otot panggul Puboccoccygeus (PC) atau Pelvic Floor Muscle yang diperuntukkan bagi wanita yang tidak mampu mengontrol keluarnya urine. Otot PC ini disebut juga sebagai otot seksual sebab mendukung penis, vagina, uterus, dan bagian tubuh lainnya yang terkait dengan fungsi seksual seperti orgasme pada wanita maupun ejakulasi pada pria.

Menurut sebuah studi baru, ejakulasi dini yang diartikan ejakulasi yang terjadi dalam waktu kurang dari satu menit berhubungan, terjadi pada banyak pria dalam suatu titik dalam kehidupan mereka. Meskipun sudah ada terapinya, namun tidak semua pria mendapatkan manfaat perbaikan.

Dalam studi tersebut di atas, telah dilibatkan 40 pria berusia 19-46 tahun dengan ejakulasi dini jangka panjang yang telah mencoba berbagai terapi, seperti gel, antidepresan, dan terapi perilaku. Namun semua terapi tersebut belum berhasil. Kemudian mereka berlatih dengan terapi latihan otot lantai pelvis selama 12 minggu.

Saat studi baru dimulai, rata-rata pria ejakulasi setelah 32 detik berhubungan seksual. Setelah dilakukannya latihan, waktu ejakulasi meningkat menjadi hampir 2,5 menit. Artinya perbaikannya mencapai empat kali lipat dalam tiga bulan program latihan.

Berdasarkan studi yang dipresentasikan dalam Eupean Congress of Urology di Stockholm tersebut, hanya ada lima pria dalam studi ini yang tidak mendapat manfaat dari terapi tersebut.

“Ini merupakan studi kecil, sehingga efeknya pun perlu diverifikasi terlebih dahulu ketika menyasar pada populasi yang lebih besar,” ujar ketua studi Antonio Pastore dari Sapienza University of Rome.

Ia mengatakan, latihan rehabilitasi lebih mudah dilakukan, serta tanpa efek samping. Latihan otot lantai pelvis (kegel) sebelumnya banyak digunakan oleh pasien kanker prostat setelah dioperasi untuk mengatasi inkontinensi urine.

“Metode pelatihan otot lantai pelvis sebelumnya pernah dilakukan pula pada pria dengan ejakulasi dini sementara, namun baru kali ini diuji coba bagi pria dengan ejakulasi dini dalam waktu lama,” ungkapnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan pula manfaat latihan otot lantai pelvis secara psikologi, yaitu para pria menjadi lebih percaya diri. Kondisi itu akan membuat kehidupan cintanya pun makin bergairah.

Prinsip latihan kegel ini adalah pada latihan penguatan otot-otot panggul yang bermanfaat menguatkan otot panggul, termasuk penis, serta menambah kemampuan potensi seksual. Cara latihan kegel ini dengan mengencangkan otot-otot tersebut sebanyak 10 kali dan mengendurkannya sebanyak 10 kali. Dilakukan setiap hari. Dalam tempo satu minggu hingga dua minggu, Anda akan menjadi terbiasa menahan dan menunda ejakulasi sehingga dapat mencapai orgasme berulang kali.